Mengintip Keindahan Gunung Dempo yang Dikelilingi Bukit Barisan Hijau

Mengintip Keindahan Gunung Dempo yang Dikelilingi Bukit Barisan Hijau

Ketinggian puncak Gunung Dempo di Sumatera Selatan memang menjadi incaran para pendaki. Gunung dengan ketinggian 3.159 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini menyuguhkan pesona keindahan yang luar biasa.

Namun, destinasi wisata pegunungan tak selalu tentang puncak dan pendakian. Salah satunya Gunung Dempo di Kota Pagar Alam yang kini menjadi primadona baru di Sumatera Selatan karena keindahan di kaki gunungnya. Lereng Gunung Dempo dihiasi perkebunan teh. Balutan nuansa hijau sejauh mata memandang sangat menyejukkan dan menenangkan.

"Topografi alamnya yang berbukit-bukit, membuat kota ini juga kerap disebut puncaknya Sumatera Selatan. Lari dari rutinitas atau berburu foto yang instagramable, keduanya bisa Sobat Pesona dapatkan di sini. Kira-kira, di perkebunan teh asyiknya ngapain lagi, ya?" tulis Instagram @pesonaid_travel, dikutip Rabu (17/4/2019).

Lokasi Gunung Dempo berada di antara perbatasan Provinsi Bengkulu dan Provinsi Sumatera Selatan. Tepatnya berada di Kabupaten Pagar Alam. Kota yang terkenal dengan panoramanya yang indah ini dikelilingi barisan pegunungan Bukit Barisan nan hijau dan asri. Di sini banyak tersedia losmen atau motel. Budaya kota yang sudah berbaur dari berbagai suku, membuat Anda akan merasa betah tinggal lama di kota ini.

Keindahan alam Sumatera Selatan tak kalah indah dengan daerah lainnya. Meski beberapa destinasinya jauh dari kota, pemandangan yang ditawarkan sungguh memesona. Bangunlah pada pagi hari saat berada di sini. Anda akan disuguhi oleh indahnya matahari terbit yang mulai muncul. Di saat itu pula, Anda bisa menyaksikan kegagahan Gunung Dempo yang menakjubkan.

Setelah puas menyaksikan panorama matahari terbit, Anda harus beranjak mengelilingi kebun teh yang begitu asri. Birunya langit dipadu dengan hijaunya perkebunan teh menjadi padanan yang serasi. Sungguh menenangkan hati.

Tak lupa, luangkan pula waktu Anda untuk berkunjung ke air terjun yang berada di dekat balai registrasi. Tempat wisata di Pagar Alam ini terbilang kecil dan eksotis dikelilingi oleh pepohonan rimbun. Uniknya, air terjun ini memiliki kolam dari batu berlubang. Satu kolam, bisa diisi dua hingga tiga orang.

Puas bermain air, Anda bisa melanjutkan destinasi ke Dempo Park. Namun Anda harus hati-hati, karena jalan menunju tempat ini curam dan berliku. Di sini, Anda bisa melihat pemandangan kebun teh sejauh mata memandang, diselingi jalan berliku, hingga pemukiman warga yang terlihat menawan.

Jika Anda tertarik berkunjung ke sini, dari Kota Palembang, Anda bisa memilih kendaraan pribadi, travel, ataupun kendaraan umum. Perjalanan akan memakan waktu sekitar delapan jam karena jarak Gunung Dempo dengan Kota Palembang sekitar 310 km.

(source: https://www.inews.id)

Contact via Whatsapp